Sabtu, 20 Februari 2010

KEBUDAYAAN ASAL JAKARTA



Kebudayaan asal Jakarta merupakan kebudayaan asli dan alami yang tercipta dari hasil karya masyarakat di Jakarta. Di Jakarta terdapat berbagai macam budaya diantaranya suku betawi, seni tari, seni musik, alat musik, lagu-lagu, dan tempat-tempat wisata di Jakarta. Suku betawi berasal dari hasil perkwainan antar etnis dan bangsa di masa lalu. Suku betawi merupakan keturunan kaum berdarah campuran aneka suku dan bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia. Suku betawi menyatakan suku asli yang menghuni daerah Jakarta. Bahasa betawi merupakan pencampuran bahasa berbagai macam kebudayaan, baik yang berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun yang berasal dari daerah asing.


Selain suku betawi, kebudayaan Jakarta lainya adalah banyaknya seni musik dan seni tari yang berasal dari daerah Jakarta. Musik tradisional maupun modern di Jakarta menggambarkan perpaduan antarbudaya dan etnis. Pengaruh dari luar Indonesia berasal dari Belanda, Republik Rakyat Cina, Portugis, Arab dan India. Seni musik yang berasal dari Jakarta adalah gambang kromong, tombon, terompet tradisional, rebab, rebana, kroncong tugu, tanjidor, dan lenong betawi. Selain seni musik terdapat juga seni tari yaitu tari jaipong. Senjata daerah asal Jakarta adalah bendo atau golok yang sarungnya terbuat dari kayu. Tokoh-tokoh asal betawi juga termasuk dalam kebudayaan sejarah Kota Jakarta seperti Benyamin Sueb, Muhammad Husni Thamrin, dll. Selain seni musik dan seni tari, terdapat lagu asal daerah Jakarta yaitu Jali-Jali dan juga yang menjadi ikon di Jakarta adalah Ondel-Ondel.



Banyak kebudayaan dan sejarah asal Jakarta yang dituangkan lewat pemabngunan-pembangunan museum seperti museum gajah, musem Fatahillah, monumen Nasional, dll. Banyak tempat-tempat pariwisata di Jakarta seperti Puncak, TMII, Pulau Seribu, Kebun Binatang Ragunan, Kota Tua Jakarta, Bundaran HI, dll yang berfungsi sebagai tempat kebudayaan dan tempat rekreasi asal Jakarta. Makanan merupakan ciri khas kota Jakarta yang berasal dari Jakarta seperti kerak telor, dan soto betawi yang mudah dijangkau di Jakarta.

Daftar Pustaka
http://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Betawi
http://www.my-indonesia.info/page.php?ic=1197&id=1461
http://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Khusus_Ibukota_Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar